Problematika Dalam Menghafal Dan Muroja’ah Al-Qur’an Juz 30 Surah Pendek Bagi Santri Di TPA Nurul Ulum Unit 093 Kota Prabumulih
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika dalam menghafal dan muroja’ah Al-Qur’an Juz 30 surah pendek bagi santri di TPA Nurul Ulum Unit 093 Kota Prabumulih serta bagaimana solusi terhadap masalah tersebut. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field researh), dengan menggunakan metode kualitatif, subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah merupakan santri TPA Nurul Ulum Unit 093 Kota Prabumulih, dan juga ustadz dan ustadzah TPA Nurul Ulum Unit 093 yang menjadi informan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil pembahasan menunjukkan bahwa masalah yang dihadapi santri dalam menghafal dan muroja’ah Al-Qur’an ini terlihat dari hasil penelitian bahwa dalam penelitian ini merasa malas untuk menghafal, menghafal bukan dari hati melainkan paksaan dari orang tua, santri sering tidak hadir dalam kegiatan pembelajaran sehingga tertinggal akan hafalan, tidak melakukakan muroja’ah sehingga hafalan banyak yang lupa, dan bacaan belum lancar. Santri masih belum bisa membagi waktu dalam menghafal Al-Qur’an. Solusi akan masalah yang ada maka menjalin komunikasi yang baik antar orang tua, santri, serta ustadz dan ustadzah agar dapat mengontrol santri dengaan baik, dalam menghafal santri tidak mendapat paksaan dari pihak manapun, dan memberikan motivasi serta reward agar menumnuhkan semangat dalam menghafal Al- Qur’an bagi santri.
Copyright (c) 2020 Khidmah Ijtima’iyah: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice by Author